Promosi Online Pertama

Promosi Online Pertama
PromotionCamp merupakan perusahaan promosi Online pertama di Indonesia.

Minggu, 05 Desember 2010

Lomba Jurnalistik Dan Foto Jurnalistik Ancol 2010

Lomba Jurnalistik Ancol 2010

  1. Tema Lomba : Membangun Nasionalisme Melalui Area Wisata Ancol.
  2. Periode Lomba : Tanggal 1 Oktober 2010 sampai dengan 9 Desember 2010.
  3. Pengumuman lomba : Tanggal 31 Desember 2011 oleh Gubernur DKI Jakarta.
  4. Kategori Lomba :
    a) Karya Berita Jurnalistik /Feature Berbahasa Indonesa
    b) Karya Berita Jurnalistik /Feature Berbahasa Inggris
    c) Foto Jurnalistik
  5. Latar Belakang Lomba :
    Ancol Taman Impian praktis menjadi salah satu tujuan wisata kelas dunia. Seluruh fasilitas yang ada di panggung rekreasi ini mencerminkan standar yang sangat tinggi. Tingginya standar itu bukan berarti serba mewah, tetapi semua golongan bisa masuk ke sana. Penjual tempe goreng sampai orangorang kaya kelas dunia bisa menjejakkan kaki di sini, tanpa harus merasa kelasnya menurun.

    Panggung wisata ini sukses menjadi lembaga penghibur yang disukai. Di sini seluruh lapisan masyarakat berbaur dalam semangat egalitarian yang pekat. Lebih tepatnya, ia menjadi penyalur keinginan positif masyarakat. Ia menjadi ruang bagi publik yang hendak membanting kepeningan. Ia pun bisa menjadi teman bagi yang masygul. Ia bisa menyalurkan hobi publik akan hiburan berkelas, sarana rekreasi yang memadai serta olahraga yang menyenangkan.

    Hal yang menarik, di tengah arus keras wisata dunia yang cenderung beraroma barat, Ancol enggan latah. Ancol tetap dengan rumusan yang memukau, yang khas Indonesia dan warna Asia. Ketika negara lain bermain dengan sarana beraroma Paman Sam, pun suasana kebarat-baratan, Ancol datang dengan permainan ketangkasan hewan, kolam renang yang menyenangkan, dunia fantasi yang elegan, permainan air dan pengenalan mamalia laut yang memukau. Ancol tidak tergoda oleh sukses suatu lokasi wisata karena judi, misalnya di Singapura dan Makao. Ancol juga tetap percaya diri ketika Tokyo dan kemudian Hongkong membangun Disneyland. Atau tatkala Osaka dan kemudian Singapura membangun Universal Studio, Ancol tetap kokoh, malah jumlah pengunjungnya bertambah dengan angka signifikan.

    Ancol, dan ini yang membanggakan, selalu percaya diri dengan fasilitas serta aneka permainan yang ia miliki. Ancol agaknya menggenggam semangat menjadi semacam "sentra rekreasi ala Asia". Anda ingin mencari permainan-pemainan yang memukau di Asia, umumnya ada di Ancol. Dan, ini yang memukau, Ancol bermain sangat kuat di pelbagai hal yang berhubungan dengan alam. Ada hiburan ketangkasan pelbagai jenis hewan, di air, di udara maupun di darat. Ada hiburan hewan dan manusia di pelbagai sudut.

    Soal hiburan seni jangan tanya, Ancol sangat maju. Para seniman dan pekerja seni berlabuh di sini. Mereka merasa Ancol adalah rumah mereka yang sangat tepat. Tidak heran kalau setiap tahun jumlah pengunjung Ancol menjangkau angka fantastik. Tahun 2009 total pengunjung Ancol mencapai 14,1juta jiwa, tak terpaut jauh dari jumlah penduduk Australia. Bandingkan jumlah ini dengan jumlah pengunjung Ancol tahun 2005 yang "baru" 10,3 juta pengunjung.

    Banyaknya sarana wisata di sini, dan amat kayanya Ancol akan pelbagai jenis hiburan praktis membuat ia salah satu yang terbaik di dunia. Ia pun salah satu sarana hiburan berkategori amat luas yakni 552 hektar. Sebagai gambaran riil, luas eco park-nya saja menakjubkan, karena mencapai 35 hektar. Sebagai gambaran riil, luas salah satu perumahan bagus di Jakarta, mencapai 200 hektar, padahal ia sudah berisi beberapa ruang terbuka hijau, boulevard, sport club dan hampir 3000 unit rumah tinggal. Akan tetapi Ancol tidak puas sampai di sini. Ancol ingin meraih prestasi jauh lebih cemerlang, sehingga Ancol kelak tidak saja menjadi ikon penting negeri tercinta ini tetapi lebih dari itu, menjadi pusat rekreasi terkemuka di Asia Pasifik. Ancol ingin muncul sebagai salah satu lembaga yang memberi kebanggaan besar pada Indonesia.

    Membangun Nasionalisme

    Dalam korelasi itulah, PT Taman Impian Jaya Ancol hendak mengajak para wartawan, mahasiswa, pelajar dan publik Indonesia untuk mengikuti lomba karya tulis jurnalistik tentang Ancol. Pilihan pada Ancol cukup beralasan karena kawasan wisata dan hiburan ini dikenal luas masyarakat dan mempunyai peran amat penting dalam percaturan pariwisata Indonesia

    Lomba mengambil tema besar: Membangun Nasionalisme Melalui Area Wisata Ancol, dengan fokus sepenuhnya pada pendapat konstruktif Ancol Taman Impian. Lomba terbagi dalam dua kategori, yaitu :
    a) Kategori berita jurnalistik/feature
    b) Kategori foto jurnalistik
    dengan kepesertaan yang terbuka untuk wartawan, ilmuwan, mahasiswa, pelajar dan umum. Peserta lomba diminta fokus pada tema tersebut. Misalnya Ancol sebagai median penting untuk merajut Nusantara. Membangkitkan spirit nasionalisme dan kebanggaan pada tempat rekreasi dalam negeri.
     
  6. Syarat dan Ketentuan Lomba :
    a) Peserta tidak dipungut biaya apapun.
    b) Jumlah keikutsertaan artikel berita / feature dan foto jurnalistik tiap peserta tidak dibatasi.
    c) Karya berupa hasil liputan dan atau penulisan feature yang sudah dipublikasikan di media 
        massa cetak/ online dalam coverage nasional/lokal pada rentang waktu 1 Oktober 2010
        sampai dengan 9 Desember 2010.
    d) Panjang tulisan maksimal 8.000 karakter.
    e) Batas penyerahan Artikel dan foto jurnalistik adalah pada tanggal 9 Desember 2010 pukul
         24.00 WIB.
    f) Karya dikirim dalam bentuk :
         i) Artikel : artikel asli yang tayang di media massa; di foto copy sebanyak empat lembar.
        ii) Foto    : dikirim dalam bentuk cetak, ukuran 10R. Foto tidak harus memenuhi seluruh
                           bidang kertas. Cantumkan nama, nomor HP dan foto copy KTP di belakang
                           foto; Foto dicetak sebanyak empat lembar.
    g) Di setiap artikel dan foto yang dikirimkan diserta lampiran, sebagai berikut :
          i) Biodata peserta dapat diunduh
         ii) Foto peserta ukuran 4x6 sebanyak dua lembar,
        iii) Fotocopy Identitas peserta, yaitu : Kartu Pers / Surat tugas pers pada media yang
             bersangkutan / kartu pelajar/kartu mahasiswa dan paspor/ KTP/SIM.
        iv) Alamat Komunikasi lengkap peserta, yaitu : Kantor, Rumah, Telepone, Handphone, Fax dan
             Email
    h) Peserta yang artikel dan atau fotonya telah sampai ke pihak panitia akan menerima email
         konfirmasi
    i) Tulisan dan foto yang telah diterima panitia tidak dapat diminta kembali.
    j) Semua tulisan dan foto yang dikirimkan ke panitia lomba akan menjadi hak milik panitia untuk
       dapat dipakai pada beberapa keperluan PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk dan PT taman 
        Impian Jaya Ancol.
    k) Peserta yang masuk ke dalam 20 nominasi pemenang lomba akan dibukukan dan menjadi
        hak Taman Impian Jaya Ancol.
    l) Keputusan Dewan Juri adalah mutlak, tidak bisa diganggu gugat.
     
  7. Alamat pengiriman artikel dan foto jurnalistik peserta lomba adalah :
    i) Pengiriman langsung dimasukkan ke dalam amplop coklat dengan subjek "Lomba Jurnalistik
        Ancol 2010" di pojok kanan atas, yang dikirimkan ke :
        Panitia Lomba Jurnalistik Ancol 2010
        Bidang Komunikasi Perusahaan
        Departemen Corporate Plan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk,
        Gedung Cordova Lantai 6 Jalan Pasir Putih Raya Blok E5, Ancol Taman Impian – Jakarta
        Utara, 14430 - Indonesia
    ii) Pengiriman melalui email dikirim melalui email ke jurnalistik2010@ancol.com dengan subjek
        "Lomba Jurnalistik Ancol 2010" yang dikirimkan adalah :
         (1) Softcopy artikel dan atau foto jurnalistik dengan format .pdf
         (2) Lampiran /attachment :
               (a) Biodata peserta
               (b) Foto peserta ukuran 4x6 sebanyak dua lembar,
               (c) Fotocopy Identitas peserta, yaitu : Kartu Pers / Surat tugas pers pada media yang
                     bersangkutan / kartu pelajar/kartu mahasiswa dan paspor/ KTP/SIM.
               (d) Alamat Komunikasi lengkap peserta, yaitu : Kantor, Rumah, Telepone, Handphone, Fax
                     dan Email.
  8. Kriteria penilaian lomba :
    a) Karya Berita Jurnalistik /Feature
           i) Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang baik dan benar.
          ii) Originalitas cerita; Semua tulisan harus merupakan karya orisinal dan bukan plagiat
         iii) Kesesuaian artikel / feature dan foto dengan tema lomba
         iv) Artikel/ feature dan foto menginspirasi pembaca
          v) Akurasi data pendukung
         vi) Teknik penulisan dan atau photography
        vii) Lebih disukai kalau tulisan disertai foto
    b) Karya Foto Jurnalistik
           i) Olah digital tidak berlebihan
          ii) Ukuran foto yang ditentukan harus ditaati
          iii) Teknik infra red tidak diijinkan
          iv) Foto yang masuk sebagai nominasi pemenang harus menyerahkan file digitalnya dengan
               ukuran sisi panjang minimal 3.000 piksel
           v) Foto harus menunjukkan kepedulian pada isu lingkungan sebagaimana visi Ancol dan
               tidak boleh mengandung SARA.
          vi) Model release tanggung jawab peserta, artinya orang yang dipotret atau tidak sengaja
               terpotret harus tidak berkeberatan atas foto yang dikirimkan.
  9. Tim juri terdiri dari : Praktisi Media dan Dosen Jurnalistik.
  10. Penganugerahan Pemenang : direncanakan akan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta pada saat perayaan malam pergantian tahun 2010 ke 2011 di Ancol Taman impian, pada tanggal 31 Desember 2010.
  11. Keterangan Lebih lanjut Dapat menghubungi Panitia Lomba Jurnalistik Ancol 2010, dengan sdr Sofia Cakti / Nicke Putri / Hari Untari di alamat sebagai berikut :
    Bidang Komunikasi Perusahaan
    Departemen Corporate Plan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk,
    Gedung Cordova Lantai 6 Jalan Pasir Putih Raya Blok E5 – Ancol Timur – Jakarta Utara
  12. Email : jurnalistik2010@ancol.com
    Telp : 021.6454567 pswt 6301/6789
    Fax :021.6456746
    Website : www.ancol.com
     
  13. Hadiah Lomba Jurnalistik Ancol 2010 untuk :
    1. Kategori berita jurnalistik/feature
    2. Kategori foto jurnalistik
    adalah masing – masing sebagai berikut :
    a) Juara 1 :
           i) Tropi dari Gubernur DKI Jakarta
          ii) Uang Tunai Rp. 25.000.000, - (dua puluh lima juta rupiah)
         iii) Paket rekreasi di Ancol Taman Impian (Dunia Fantasi, Ocean Dream, dan Atlantis Water 
              Adventurer) Senilai Rp 5.500.000, - (lima juta lima ratus ribu rupiah).
         iv) Sertifikat “Lomba Jurnalistik Ancol 2010”
    b) Juara II :
          i) Uang Tunai Rp. 15.000.000, - (lima belas juta rupiah)
          ii) Paket rekreasi di Ancol Taman Impian (Dunia Fantasi, Ocean Dream, dan Atlantis Water
               Adventurer) Senilai Rp 3. 660.000, - (tiga juta enam ratus enam puluh ribu rupiah).
          iii) Sertifikat “Lomba Jurnalistik Ancol 2010”
    c) Juara III :
          i) Uang Tunai Rp. 7.500.000, - (tujuh juta lima ratus ribu rupiah)
         ii) Paket rekreasi di Ancol Taman Impian (Dunia Fantasi, Ocean Dream, dan Atlantis Water
             Adventurer) Senilai Rp 1.830.000, - (satu juta delapan ratus tiga puluh ribu rupiah).
        iii) Sertifikat “Lomba Jurnalistik Ancol 2010”
    d) Harapan I, II dan III
          i) Uang Tunai Rp. 5.000.000, - (lima juta rupiah)
         ii) Paket rekreasi di Ancol Taman Impian (Dunia Fantasi, Ocean Dream, dan Atlantis Water
             Adventurer) Senilai Rp 1.830.000, - (satu juta delapan ratus tiga puluh ribu rupiah).
        iii) Sertifikat “Lomba Jurnalistik Ancol 2010”
    e) 14 Nominasi :
          i) Uang Tunai Rp. 2.500.000, - (dua juta lima ratus ribu rupiah)
         ii) Paket rekreasi di Ancol Taman Impian (Dunia Fantasi, Ocean Dream, dan Atlantis Water
             Adventurer) Senilai Rp 1.830.000, - (satu juta delapan ratus tiga puluh ribu rupiah).
        iii) Sertifikat “Lomba Jurnalistik Ancol 2010”
Jakarta, 21 September 2010
PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk
Panitia Lomba Jurnalistik 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar