Promosi Online Pertama

Promosi Online Pertama
PromotionCamp merupakan perusahaan promosi Online pertama di Indonesia.

Minggu, 03 Oktober 2010

Lomba Cipta Puisi Nasional Batu Bedil Award Festival Teluk Semaka 2010

UNTUK kali pertama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tanggamus Propinsi Lampung menggelar lomba penulisan puisi tingkat nasional bertajuk “Batu Bedil Award”. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memeriahkan Festival Teluk Semaka (FTS) 2010. Tahun ini pelaksanaan FTS jatuh pada tanggal 22-26 November 2010, seluruh kegiatan berpusat di Kota Agung, Tanggamus.

Menurut Alfian A.Husin,S.H. selaku Kadisbudpar Tanggamus, even ini diharapkan mampu menyegarkan kembali identitas kultural masyarakat Kabupaten Tanggamus agar dikenal di tingkat nasional dan internasional. Selain lomba cipta puisi, FTS berisi beberapa kegiatan lain seperti musyawarah adat, pemberian adok atau gelar adat, ruwat laut, festival musik, lintas alam, lomba tari tradisional, lomba lagu pop daerah, gitar klasik, lomba mewarnai,pawai budaya dan lain-lain.

Lomba Cipta Puisi bertajuk “Batu Bedil Award 2010” adalah sebagai upaya untuk mengeksplorasi seni budaya, pariwisata, tradisi dan unsur-unsur kearifan lokal di Kabupaten Tanggamus secara kreatif melalui ide-ide dan gagasan yang segar. Bukan hanya sekadar data geografis dan angka statistik tentang kunjungan wisatawan.

Batu Bedil merupakan situs megalitikum yang terletak di Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus. Ini membuktikan di Tanggamus bahwa sudah ada sistem kehidupan sejak zaman batu muda, kurang lebih akhir abad ke-8. Namun peninggalan bersejarah ini sepi dari segala sisi, baik eksplorasi secara metodologi penelitian maupun kepariwisataan.

“Batu Bedil Award diharapkan dapat menjadi pemantik bagi masyarakat yang berada di luar Kabupaten Tanggamus untuk menelusuri potensi budaya-wisata di Tanggamus. Lomba cipta puisi ini diharapkan menjadi sumbangsih Tanggamus untuk penelusuran sejarah budaya sekaligus perkembangan kesusasteraan Indonesia karena akan diselenggarakan berkesinambungan setiap tahunnya.” ujar Alfian.

Syarat-syarat lomba cipta puisi “Batu Bedil Award”: Tema eksplorasi kreatif seni budaya, tradisi, dan pariwisata khusus di Kabupaten Tanggamus, peserta terbuka untuk umum, naskah murni karya sendiri (bukan tiruan/plagiarisme ataupun hasil saduran dari naskah manapun), belum pernah dimuat atau dipublikasikan di media massa atau sedang diikutsertakan dalam lomba penulisan di tempat lain, peserta dapat mengirim maksimal 3 (tiga) naskah puisi, naskah diketik 1,5 spasi di kertas kuarto rangkap 4 (empat). Nama dan biodata peserta tidak diperkenankan dicantumkan di lembar naskah (melainkan dilampirkan dalam lembar terpisah) melampirkan fotokopi identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar/ Kartu Mahasiswa)''

Naskah dikirimkan ke:
Panitia Batu Bedil Award (Festival Teluk Semaka 2010)
d/a Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tanggamus, Komplek Perkantoran Pemda Tanggamus, Jl Jendral Ahmad Yani, Kota Agung Timur. Kabupaten Tanggamus, 35384

 
Deadline:
10 November 2010 (cap pos).

Pada sudut kiri atas amplop diberi tanda “Lomba Cipta Puisi Batu Bedil Award 2010”. Naskah pemenang menjadi milik Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus namun hak cipta tetap pada penulis.

Hadiah:
Dewan Juri akan memilih 1 orang peraih Batu Bedil Award yang akan menerima hadiah sebesar Rp. 2 juta. Sementara, juara II dan III akan menerima hadiah sebesar Rp.1 juta dan Rp.750.000,- serta piagam. Peraih Batu Bedil Award akan diumumkan pada Puncak Acara Penutupan Festival Teluk Semaka 2010 di Kota Agung. Selain para juara, Dewan Juri juga akan memilih 7 buah puisi yang akan dibukukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar