Promosi Online Pertama

Promosi Online Pertama
PromotionCamp merupakan perusahaan promosi Online pertama di Indonesia.

Kamis, 14 Oktober 2010

Menulis Buku Populer a la Gramedia

Tips ini disampaikan Christina Udiyani, dari Penerbit Gramedia pada saat mengisi workshop kepenulisan disela  Pameran Komik Benny & Mice di Universitas Widya Mandala, SUrabaya (27/4).Berikut ini ringkasannya:
  • Manfaat Menulis Buku : Popularitas, Merk Pribadi, Materi, Penyeberan gagasan
  • Buku populer menurut Gramedia : SERIUS tapi NIKMAT
SERIUS : Sanggup memberi pembaca pemahaman atas suatu hal, mengarahkan pembaca untuk memikirkan, merenungkan, atau lebih jauh memberi inspirasi untuk bertindak
NIKMAT : bahasa yang enak, mudah dipahami, dan bergambar
  • RUMUS pertimbangan buku populer:
  1. Topik/nilai berita
  2. Memiliki jalan cerita
  3. Sudut penceritaan
  4. Penyajian cerita
Hal-hal penting dalam penyajian:
1. Lead yang berbicara (kalimat pertama, paragraf pertama, halaman pertama, harus langsung ke inti persoalan,tidak bertele-tele)
2. Don’t Tell but Show
- Buat pembaca bisa melihat, merasa, mendengar, membau
- Informatif
- Ajak pembaca untuk terlibat
3. Tata letak Isi
Perhatikan kesesuaian komposisi, jenis, ukuran,warna huruf maupun ilustrasinya
4. Sentuhan akhir
- Judul yang memikat, menggambarkan isi
- Ilustrasi sampul yang sesuai dengan judul dan isi
  • Untuk komikus lokal jangan terbiasa meniru hal-hal yang terlampau jauh dari keseharianmu, muatan lokal yang menunjukkan tradisi dan karakter keindonesiaan justru dinantikan Gramedia.
  • Tawaran terhadap Gramedia dapat diajukan dalam bentuk gagasan, draft gambar (script), maupun naskah jadi
  • Selanjutnya Gramedia akan melakukan brainstorming bersama-sama dengan si empunya karya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar